Sunday, May 10, 2009

Istilah Teknik Drainase Asam dan Logam Tambang

. Sunday, May 10, 2009

AASS

Actual acid sulfate soil atau tanah sulfat masam aktual.

 

ABATES

Satu piranti lunak untuk membantu pengelolaan kualitas air lokasi tambang. Piranti ini dikembangkan untuk membantu perusahaan pertambangan dengan neraca asam-basa (acid-base accounting) dan pengkajian kualitas air. Tersedia Free download di www.earthsystems.com.au/tools.htm.

 

Acid (Asam)

Satu ukuran konsentrasi ion hidrogen (H+); umumnya dinyatakan sebagai pH. Asam tidak setara dengan kemasaman atau acidity (lihat definisi di bawah).

 

Acid-Base Account ( Neraca Asam-Basa )

Neraca Asam-Basa mengevaluasi keseimbangan antara proses pembentukan asam (oksidasi mineral sulfida) dan proses penetralan asam. Ini dapat melibatkan penentuan maximum potential acidity (APP/potensi kemasaman maksimal) dan kapasitas penetral-asam yang melekat (ANC), keduanya definisikan di bawah.

 

Acid drainage ( Drainase Asam )

Bentuk dari Drainase Asam dan Logam (DAL), dikarakterisasikan dengan pH (Drainase asam) yang rendah, konsentrasi logam beracun yang meningkat, konsentrasi sulfat yang tinggi dan salinitas yang tinggi.

 

Acidity (Kemasaman)

Ukuran konsentrasi ion hidrogen (H+) dan kemasaman (laten) mineral; umumnya dinyatakan setara dengan mg/L CaCO3. Diukur dengan titrasi di laboratorium atau diukur dari pH dan data kualitas air.

 

Acidity load ( Kandungan Kemasaman )

Produk dari kemasaman dan laju aliran, umumnya dinyatakan sebagai massa setara CaCO3 per unit waktu.

 

Acidity load balance ( Neraca Kandungan Kemasaman )

Neraca kandungan kemasaman untuk lokasi tambang mempertimbangkan volume dan laju aliran air serta kemasaman (lihat definisi di atas), dan menggabungkan seluruh fasilitas tambang yang merupakan sumber potensi DAL, misalnya, timbunan batuan sisa, timbunan bijih tambang, fasilitas penyimpanan tailing, pit, pekerjaan bawah tanah, areal timbunan pelindian dan bahan konstruksi tambang.


 

ACMER

Australian Centre for Minerals Extension and Research atau Pusat Penyuluhan dan Penelitian Mineral Australia, sebuah unit didalam Sustainable Minerals Institute, University of Queensland, www.acmer.uq.edu.au

 

Active treatment (Perlakuan aktif )

Proses di mana zat kimia atau bahan alami ditambahkan ke DAL untuk memperbaiki kualitas air. Pengendalian operator dapat bervariasi dari perlakuan kumpulan yang relatif sederhana hingga fasilitas perlakuan terkomputerisasi dengan berbagai zat aditif dan proses pemantauan dan pengendalian yang terperinci www.inap.com.au. Perlakuan aktif melibatkan reagen dan input tenaga kerja secara teratur untuk operasi yang berkelanjutan, dibandingkan dengan perlakuan pasif (lihat di bawah) yang hanya membutuhkan pemeliharaan sewaktu-waktu Sistem perlakuan aktif dapat direkayasa untuk menghadapi berbagai kemasaman, laju aliran dan kandungan kemasaman.

 

ADTI

Acid Drainage Technology Initiative atau Prakarsa Teknologi Drainase Asam www.unr.edu/mines/adti/

 

Alkaline cover (Lapisan penutup alkalin)

Lapisan tanah penutup, seperti lapisan penutup penetesan air atau simpan- dan-lepas (didefinisikan di bawah), yang memiliki komponen ‘pembentuk alkalinitas tersebar di atas, dalam atau di dasar lapisan penutup. Tujuannya untuk meminimalkan infiltrasi dan memastikan bahwa air yang bermigrasi melalui lapisan penutup mengandung alkalinitas yang cukup besar (didefinisikan di bawah).

 

Alkalinity (Alkalinitas)

Ukuran kapasitas cairan untuk menetralkan suatu asam.

 

AMD (DAL)

Acid and Metalliferous Drainage (AMD) atau Drainase Asam dan Logam (DAL)

 

AMDTreat

Satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memprediksi dan membuat model biaya perlakuan DAL. Perangkat lunak ini menyediakan berbagai pilihan perlakuan baik untuk sistem perlakuan pasif maupun aktif. Tersedia Free download di www.amdtreat.osmre.gov

 

AMIRA

AMIRA International Limited www.amira.com.au

 

ANC

Acid Neutralising Capacity atau Kapasitas Penetralan Asam, dinyatakan sebagai kg setara H2SO4 per ton.

 

ANSTO

Australian Nuclear Science and Technology Organisation atau Organisasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Nuklir Australia.

 

APP

Acid Producing Potential atau Potensi Produksi Asam, dinyatakan sebagai kg H2SO4 per ton.

 

AQUARISK

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh ANSTO untuk memungkinkan pengkajian risiko ekologi probabilitas dilakukan bagi ekosistem air segar yang terkena dampak DAL www.hearne.com.au/aquarisk/

 

ASS

Acid sulfate soils atau Tanah-tanah sulfat masam.

 

Blending ( Pencampuran )

Pencampuran limbah tambang yang berpotensi menghasilkan asam dengan bahan alkalin, sehingga membentuk bahan gabungan di mana asam yang dibentuk setidaknya dikonsumsi di tempat oleh bahan alkalin di sekitarnya.

 

Block model (Model blok)

Model tiga dimensi penyebaran bijih tambang dan bahan limbah dengan berbagai properti geokimia (tambang logam besi). Lihat juga ‘model kisi/ lapisan’.

 

Co-disposal (Pembuangan bersamaan)

Kombinasi pembuangan sungai limbah butiran kasar (limbah/sisa) dan butiran halus (tailing); digunakan secara luas di industri batubara Australia.

 

EIA (AMDAL)

Environmental Impact Assessment atau Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Pada buku pedoman ini, EIA juga mengacu pada Environmental Impact Statement (EIS) atau Pernyataan Dampak Lingkungan,Environment Effects Statement (EES) atau Pernyataan Pengaruh-Pengaruh Lingkungan.

 

GRI

Global Reporting Initiative atau Prakarsa Pelaporan Global

www.globalreporting.org/home

 

Grid/layer model (Model kisi/lapisan)

Model dua dimensi penyebaran bijih tambang dan bahan limbah dengan berbagai properti geokimia (tambang batubara). Lihat juga ‘model blok’.

 

Heap leach spent ore (Materi sisa pelindian bijih tambang)

Materi yang tersisa setelah pengambilan logam dan beberapa bahan terlarut melalui proses pelindian timbunan dan pembilasan bijih tambang (MMSD 2002).

 

INAP

International Network for Acid Prevention atau Jaringan Internasional untuk Pencegahan Asam www.inap.com.au/

 

Kinetic test (Uji kinetik)

Prosedur yang digunakan untuk mengukur besarnya dan/atau efek proses dinamis, termasuk reaksi (seperti oksidasi sulfida dan pembentukan asam), pengubahan bahan dan aliran zat kimia serta kandungan hasil perusakan iklim. Tidak seperti uji statik, uji kinetik mengukur perilaku sampel dari waktu ke waktu www.inap.com.au

 

Lag time (Jeda waktu)

Waktu tunda antara gangguan atau pemaparan bahan pembentuk asam dan permulaan timbulnya drainase asam.

 

Lithology (Litologi)

Jenis tanah atau batuan didefinisikan oleh sejumlah perbedaan fisik dan karakteristik mineralogi.

 

Low grade ore stockpile (Timbunan bijih tambang kandungan rendah)

Bahan yang telah ditambang dan ditimbun, dengan nilai yang memadai untuk menjamin pemrosesan, baik pada saat dicampur dengan batuan berperingkat tinggi atau setelah bijih tambang berperingkat tinggi habis, namun sering kali ditinggalkan sebagai ‘limbah’ (MMSD, 2002).

 

MEND

Mine Environment Neutral Drainage atau Drainase Netral Lingkungan Tambang

www.nrcan.gc.ca/ms/canmet-mtb/mmsl-lmsm/mend/default_e.htm

 

Metalliferous drainage (Drainase logam)

Bentuk dari Drainase Asam dan Logam (DAL), dikarakterisasikan dengan pH hampir netral, konsentrasi logam berat yang meningkat, salinitas sulfat yang tinggi.

 

Micro-encapsulation (Enkapsulasi-mikro)

Teknologi untuk mencegah atau meminimisasi DAL dari dinding pit. Metode ini, juga disebut sebagai pemasifan sulfida, dirancang untuk mencegah udara dan air bereaksi dengan kristal sulfida individu oleh enkapsulasi kimia.

 

NAG

Net Acid Generation test atau uji Pembentukan Asam Neto, juga disebut sebagai ‘uji NAG penambahan tunggal’. Peroksida digunakan untuk mengoksidasi sulfida pada sampel, kemudian asam yang dibentuk selama oksidasi mungkin dikonsumsi secara parsial atau keseluruhan oleh komponen penetral pada sampel. Kemasaman yang tersisa ditunjukkan sebagai kg H2SO4 per ton. ‘uji NAG berurutan’ melibatkan serangkaian uji NAG pada sampel. Ini mungkin dibutuhkan bila sampel tidak dapat dioksidasi penuh dengan menggunakan uji NAG biasa.

 

NAPP

Net Acid Producing Potential atau Potensi Produksi Asam Neto, dinyatakan sebagai kg H2SO4 per ton. Dihitung dengan mengurangi kapasitas penetral asam (ANC) dari potensi produksi asam (APP).

 

NEI

National Emissions Inventory atau Inventarisasi Emisi Nasional (menggantikan National Pollutant Inventory, NPI atau Inventarisasi Polutan Nasional).

 

PADRE

Partnership for Acid Drainage Remediation in Europe atau Kemitraan bagi Remediasi Drainase Asam di Eropa www.padre.imwa.info/

 

PASS

Potential acid sulfate soil atau potensi tanah sulfat masam.

 

Passive treatment (Perlakuan pasif )

Sistem perlakuan pasif paling cocok bagi DAL dengan Kemasaman rendah (<800 mg CaCO3/L), laju aliran rendah (<50 L/s) dan oleh karenanya Muatan Asam rendah (<100-150 kg CaCO3/day). Lihat juga ‘perlakuan aktif’.

 

PHREEQC

Perangkat lunak untuk simulasi reaksi kimia dan proses transpor pada air alami atau terkontaminasi

www.brr.cr.usgs.gov/projects/GWC_coupled/phreeqc/

 

POCAS

Peroxide Oxidation atau Oksidasi Peroksida – Prosedur pengujian analitis Kemasaman dan Sulfat gabungan.

 

Precautionary principle (Prinsip pencegahan)

Prinsip ini menetapkan bahwa bila bukti ilmu pengetahuan tidak pasti, pengambil keputusan harus mengambil tindakan untuk membatasi kerusakan lingkungan yang berlanjut dan harus berhati-hati dalam mengevaluasi proposal yang memiliki potensi untuk berdampak serius terhadap lingkungan atau tidak dapat diubah.

 

Saline drainage (Drainase salin)

Produk dari Drainase asam dan Logam Besi (DAL), ditandai dengan salinitas sulfat yang tinggi, namun dengan pH yang hampir netral dan konsentrasi logam berat yang rendah.

 

Soil cover (Lapisan tanah penutup)

Satu atau lebih lapisan dari bahan menyerupai tanah yang ditujukan untuk membatasi perkolasi curah hujan atau masuknya oksigen atau keduanya ke dalam bahan penghasil DAL.

 

Static test (Uji statik)

Prosedur untuk mengkarakterisasikan status fisik atau kimia suatu sampel geologis pada suatu waktu. Uji statik meliputi pengukuran komposisi mineral dan kimia, serta analisis yang dibutuhkan bagi neraca asam-basa.

 

Store-and-release-cover (Lapisan penutup simpan-dan-lepas)

Sistem lapisan penutup yang dirancang untuk meminimalkan infiltrasi air ke bahan di bawahnya dengan menggabungkan bahan yang memiliki kapasitas penyimpanan air yang tinggi dan tanaman dengan evapo-transpirasi yang tinggi.

 

TAA

Total Actual Acidity atau Kemasaman Aktual Total. TAA merupakan kemasaman yang dihasilkan dari ekstrak larutan tanah 1:20 tanpa melalui oksidasi peroksida.

 

Tailings (Tailing)

Bahan yang telah dihaluskan di mana nilai mineral yang dikehendaki telah banyak diekstraksi. Sekitar 98 persen bahan yang ditambang untuk diolah dilepaskan sebagai tailing. Di tambang batubara, tailing merupakan bahan yang kasar maupun halus yang dibuang dari pencucian batubara (MMSD, 2002).

 

Tailings dam (Bendungan tailing)

Fasilitas yang dirancang untuk menyimpan bahan tailing jenuh dan air supernatant yang dihasilkan pada saat pengolahan bijih tambang. Tidak seperti fasilitas penyimpanan tailing, bendungan tailing dirancang sebagai struktur penahan air yang kompeten.

 

Tailings storage facility (fasilitas penyimpanan tailing)

Fasilitas yang dirancang untuk menyimpan bahan tailing tak jenuh yang dihasilkan pada saat pengolahan bijih tambang. Fasilitas ini, tidak seperti halnya bendungan tailing, tidak cocok bagi penyimpanan air supernatant.

 

Waste rock (Batuan sisa tambang)

Bahan seperti tanah, batuan yang tidak mengandung mineral atau telah dimineralisasi, yang mengelilingi mineral atau tubuh bijih tambang batubara dan arus disingkirkan untuk menambang bijih tambang tersebut. Ini umumnya disebut batuan sisa pada tambang logam besi atau overburden, interburden, lapisan mineral atau limbah di tambang batubara (MMSD, 2002).

 

Water cover (Lapisan penutup air)

Lapisan air permukaan (misalnya pada fasilitas penyimpanan tailing atau pit) atau air tanah (misalnya di pit urukan) yang ditujukan untuk membatasi masuknya oksigen ke dalam bahan penghasil DAL.

 

Sumber : Klik Disini

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Alexa Page Rank

Site Meter

Info Komputer Pengunjung

IP
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates