Sunday, June 21, 2009

Kenapa Saya Memakai Linux ?

. Sunday, June 21, 2009


Dari beberapa teman yang pernah melihat Laptop sehari-hari yang saya gunakan, ada beberapa orang yang bertanya seperti ini : " itu windows atau bukan sih?..kok gak kaya biasanya?.." atau " kok tampilan desktopnya keren dan simpel banget sih ?..emang itu pake apaan ?.." dan pertanyaan sejenis lainnya. Setelah saya jelaskan barulah mereka mengerti.

Memang saat ini saya menggunakan Operating System Linux di Laptop saya, dari sekian banyak distro yang tersedia saya memilih Linux UBUNTU. Alasan saya menggunakan Linux di laptop saya adalah :
  1. FREE alias GRATIS, ini bisa terjadi karena sifat Linux yang memang proyek Open Source , Berbagai macam distro yang anda suka bisa didapatkan dengan cara gratis ( bisa langsung download di website penyedia masing-masing distro ataupun langsung meminta ke penyedia masing-masing distro ). Sebagai contoh : setiap 6 bulan sekali saya selalu minta dikirimi CD Original Linux UBUNTU ke Canonical, jumlahnya tergantung seberapa banyak yang kita minta, selama alasannya tepat akan mereka kirim. Pertama kali mendapatkan paket dari Canonical saya cukup kaget karena barang dikirim langsung dari Netherland, setelah dibuka ternyata isinya adalah CD Ubuntu, Kubuntu dan Edubuntu, ditambah lagi dengan 4 buah sticker Linux Ubuntu..wuih kerennn he..he..he..jarang-jarang dapat paket dari luar negeri, dah gitu gratis lagi, saya tidak kena ongkos kirim dan tagihan apapun dari pak Pos.
  2. Paket Instalasi bawaan Linux masing-masing distro sudah cukup lengkap. Begitu kita selesai meng-install distro Linux yang kita suka, maka kita tidak perlu lagi mencari segala macam driver untuk hardware laaptop / komputer kita, karena oleh Linux semuanya hampir pasti dah bisa kedeteksi, kecuali kadang ada beberapa kasus untuk beberapa macam driver, seperti driver wifi misalnya, namun kita tidak perlu takut karena diluar "sana" sudah  tersedia. Belum lagi aplikasi atau program-program yang ada, dengan sekali install kita sudah dapat beberapa aplikasi penting seperti : Aksesoris : Calculator, terminal, CD/DVD Creator, Tomboy Notes, Text Editor, dlsb ; Games : berbagai macam games standar bawaan linux ; Graphic : FSpot photo manager, GIMP image editor, OpenOffice Drawing, XSane image Scanning Program ; Internet : Evolution, Mozzila Firefox, Pidgin, Remote Desktop, Transmission, dlsb ; Office : Dictionary, Evolution mail calendar, OpenOffice Presentation, OpenOffice Spreadsheet, dan OpenOffice word processor ; Sound dan Video : Brasero disc burning, Movie Player, Rhythmnbox Music Player. Ini sangat berbeda sekali dengan jika kita meng-install windows, setelah windows selesai diinstall, kita harus mencari driver VGA, Sound, Modem, Wifi, dan driver lainnya yang komputer kita perlukan, setelah itu kita harus menyiapkan segala macam program yang ingin kita install, seperti microsoft office, ACDSee, Adobe acrobat, Nero, Photoshop, Winamp, Jet Audio, anti virus dan program lainnya, capee dechh....Boleh dikatakan hampir semua software yang ada di windows seharusnya kita beli ( harga genuine software-nya-pun mahal mahal ), tapi karena kita butuh akhirnya Software bajakan-pun kita halalkan he..he..he....
  3. Installasi linux lebih simpel dan cepat daripada installasi windows, setelah selesai diinstall, komputer atau laptop kita bisa langsung "dijalankan"
  4. Linux sangat stabil. Jika di windows kita sering harus menekan Cont-Alt-Del untuk me-restart komputer yang Hang, maka di linux hal ini jarangggggg sekaliiii terjadiiiii ( sengaja saya tulis seperti itu untuk menunjukkan  bahwa hal seperti itu memang jarang terjadi ). Kita juga tidak perlu melakukan DEFRAGMENT ataupun cleaning registry seperti di Windows.
  5. Aman dari virus, setidaknya hal inilah yang saya alami. Sudah lebih dari 3 tahun saya menggunakan Linux hingga sekarang belum ada satupun virus yang bisa menginfeksi laptop saya. Saya juga tidak perlu repot untuk meng-install dan meng-update anti virus he..he..he...
  6. Bantuan dari komunitas pengguna linux untuk para linuxer ( para pengguna linux awam seperti saya ) sangat luar biasa..begitu kita menemukan masalah ataupun ada hal yang ingin kita tanyakan, maka bantuan akan datang darimana saja, sehingga masalah kita bisa cepat selesai..Asyik banget.
  7. "Wajah" Linux yang kita install bisa dipermak jadi berbagai macam, tentunya sesuai dengan keinginan kita.
Semua yang saya sebutkan diatas sebenarnya baru beberapa saja, masih banyak lagi keuntungan jika kita menggunakan Linux ( ini bukan promosi lho he..he...he.. ). Sebelumnya saya sudah pernah menggunaka OS Windows ( mulai dari Windows 98,Windows 2000, Windows XP dan Vista ), Macintosh ( saat saya masih menggunakan laptop APPLE iBook ) dan terakhir Linux. Dari ketiganya Linux dan Macintosh yang paling saya suka. Bedanya ( Linux dengan Macintosh ) Linux lebih enak untuk "dioprek" he..he...he...lagi.

Yang saya heran dengan pengguna windows adalah : sudah sering kena virus tapi masih juga tidak kapok, padahal data penting sampai hilang, bahkan komputer sampai harus diformat ulang agar bisa diinstall ulang windows-nya. Sering saya tanyakan ke mereka kenapa seperti itu, jawaban-nya bermacam-macam, ada yang bilang "abis enakan windows sih!...( padahal dia belum nyoba yang lain ; linux atau mac he..he..he..) " ; ada juga yang bilang "abis saya belum tau linux sih?.." , namun ada juga yang mau mencoba linux..untuk pengguna seperti ini biasanya saya sarankan untuk menggunakan DUAL BOOT dulu saja ( dalam 1 komputer dipasangi 2 OS, yaitu Windows dan Linux, jadi saat start pertama pengguna tinggal pilih saja, mau pakai windows atau Linux, minimal untuk belajar dulu. Jika sudah bisa dan terbiasa dengan Linux..selanjutnya terserah anda...he..he..he...

Dah dulu ahh...cape juga nulisnya, ini sekalian test kirim artikel via Scribefire di Linux....





Powered by ScribeFire.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Alexa Page Rank

Site Meter

Info Komputer Pengunjung

IP
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates