Thursday, May 21, 2009

Pengetahuan Tentang Ban

. Thursday, May 21, 2009

Membaca spesifikasi ban

Dinding ban Anda, yang dikenal dengan nama “sidewall”, berisikan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengenal ban Anda. Semua ban, baik Goodyear maupun merek lain, diwajibkan menyediakan informasi ini.

  • Chart peringkat kecepatan

  • Keausan telapak ban

  • Temperatur

  • Tingkat kualitas ban : Uniform Tire Grading System ( UTGS ).

  • Daya cengkram

image


“Tire Type” memberitahu Anda untuk kendaraan jenis apa ban ini dibuat. “P” berarti ban ini dibuat untuk kendaraan pengangkut penumpang. “LT” berarti ban ini dibuat untuk "light truck" atau kendaraan pengangkut barang yang tidak terlalu besar seperti pick-up .


 

“Tire Width” memberitahu Anda ukuran ban diukur dari dinding yang satu ke dinding yang lain. Dalam contoh ini misalnya, lebar ban adalah 215 milimeter.

 

“Aspect Ratio” adalah perbandingan antara tinggi ban dan lebarnya. Dalam contoh ini 65 berarti tinggi ban adalah 65% dari lebar ban.

 

“Construction” memberitahu Anda bagaimana ban ini dirakit. “R” berarti “radial”, yang berarti bahwa benang-benang ply di tubuh ban ini yang merupakan lapisan yang membentuk badan dari ban, menutupi seluruh ban dari bead ke bead . “B” berarti bahwa ban ini termasuk jenis “bias construction”, yang berarti bahwa benang-benang ply dirajut secara diagonal melintasi ban dari bead ke bead, dengan arah lapisan silih berganti agar saling memperkuat.

 

"Wheel Diameter" adalah lebar velg dari satu ujung ke ujung yang satu lagi. Diameter untuk velg ini adalah 15 inci.

 

"Load Index" adalah angka yang menginformasikan beban maksimum dalam kilogram yang dapat dipikul oleh sebuah ban bila tekanan udaranya tepat. Anda bisa juga menemukan angka beban maksimum dalam kilogram dan pon di tempat lain di dinding samping ban.

 

"Speed Rating" memberitahu Anda kecepatan maksimum untuk ban. “H” berarti bahwa ban tersebut dapat dipakai untuk kecepatan maksimum 210 kilometer per jam. Ingatlah bahwa peringkat ini hanya dimaksudkan untuk mengindikasikan kapabilitas kecepatan ban, dan sama sekali TIDAK DIANJURKAN bahwa Anda melampaui batas-batas kecepatan legal yang tertera di rambu-rambu lalu lintas. Selalu perhatikan batas-batas kecepatan yang diperbolehkan.

 

1.Chart Peringkat Kecepatan

Goodyear menyediakan banyak ban dalam versi kecepatan tinggi untuk mengimbangi kemampuan mobil-mobil tercepat di dunia. Secara umum dianjurkan agar setiap kali Anda harus mengganti ban untuk kecepatan tinggi Anda menggunakan ban dengan kapabilitas yang sama atau lebih tinggi lagi.


Bila mobil Anda dilengkapi dengan ban-ban dengan sertifikasi peringkat kecepatan maksimum yang berbeda-beda, maka kecepatan maksimum dibatasi oleh sertifikasi kecepatan maksimum yang dimiliki ban dengan peringkat kecepatan paling rendah di mobil itu.

 

Peringkat kecepatan tidaklah menunjukkan seberapa baik ban itu bekerja ataupun berbelok. Peringkat kecepatan hanya menjelaskan kemampuan ban itu bertahan dalam kecepatan tinggi.

 

image

*The Goodyear Tire & Rubber Company” tidak merekomendasikan penggunaan produk-produknya di luar batas-batas kecepatan legal.

 

"DOT" berarti bahwa ban ini mematuhi semua standar keselamatan yang diterapkan oleh Departemen Transportasi Amerika Serikat. Di sebelah DOT terdapat identifikasi atau nomor seri, yaitu kombinasi angka dan huruf sebanyak 12 digit.

 

"UTQG" adalah singkatan dari “Uniform Tire Quality Grading”, yaitu sistem peringkat kualitas yang dikembangkan oleh Departemen Transportasi (DOT) Amerika Serikat.

 

2.Tingkat Kualitas Ban: Uniform Tire Grading System atau UTGS

Di luar ban-ban untuk jalanan bersalju, Departemen Transportasi mewajibkan semua pabrik ban menentukan tingkat kualitas ban untuk mobil penumpang berdasarkan tiga faktor kinerja, yaitu keausan telapak, daya cengkeram dan ketahanan terhadap temperatur tinggi. Daftar peringkat UTQG untuk setiap ban Goodyear yang dibuat untuk mobil penumpang dan mobil barang ringan dapat dibaca di “ Car/Light Truck Tire Catalog .”

 

3.Keausan Telapak Ban

  • Di atas 100 – lebih baik

  • 100 - Baseline

  • Kurang dari 100 - lebih buruk

Angka keausan telapak ban adalah peringkat komparatif berdasarkan tingkat kecepatan keausan ban ketika diuji di bawah kondisi yang dikontrol di track pengujian milik pemerintah. Angka 200 mengindikasikan bahwa ban itu akan dua kali lebih cepat mengalami keausan dibandingkan dengan ban yang mendapat angka 100 dalam track pengujian milik pemerintah. Seberapa lama Anda dapat menggunakan ban Anda tentulah tergantung pada kondisi-kondisi di mana Anda menjalankan kendaraan Anda dan juga dapat berbeda-beda sesuai dengan kebiasaan mengemudi Anda, kebiasaan merawat ban, perbedaan karakter jalan dan iklim. Catatan: Angka keausan telapak ban hanya berlaku sebagai perbandingan saja di antara lini-lini produk pabrik ban yang sama. Angka ini tidak berlaku dalam membandingkan produk-produk dari pabrik yang berbeda.

 

4.Daya Cengkeram

  • A - Paling baik

  • B - Sedang

  • C - Cukup

Grade daya cengkeram memperlihatkan kemampuan ban untuk stop di permukaan jalan yang basah diukur di bawah kondisi yang dikontrol dan di atas track pengujian khusus dengan permukaan aspal dan beton yang dimiliki pemerintah. Grade daya cengkeram ini didasarkan pada pengujian pengereman dengan “kemudi lurus ke depan,” Grade ini tidak mencerminkan kemampuan ban mencengkeram jalan ketika berbelok.

 

5.Temperatur

  • A - Terbaik.

  • B - Sedang

  • C - Cukup

Grade temperatur mengindikasikan kemampuan ban bertahan terhadap temperatur yang dihasilkan pada waktu diuji di bawah kondisi yang dikontrol di laboratorium dalam ruang khusus dengan menggunakan velg pengujian. Temperatur yang terus-menerus tinggi dapat menyebabkan material dalam ban mengalami kerusakan dan usianya menjadi pendek. Temperatur yang berlebihan dapat menyebabkan ban tidak bisa dipakai lagi. Ban-ban Goodyear menaati hukum Federal Amerika Serikat, yang mewajibkan setiap ban setidak-tidaknya memenuhi persyaratan minimal Grade C.

 

Memeriksa Telapak Ban

Ada cara sederhana untuk memeriksa apakah telapak ban masih cukup tebal. Setiap ban untuk kendaraan penumpang, pengangkut barang berukuran kecil atau mobil komersial berukuran menengah selalu memiliki palang indikator keausan yang tercetak di telapaknya. Palang-palang ini terletak di dasar guratan telapak di beberapa lokasi pada ban. Jika ban sudah mengalami keausan sampai pada titik di mana palang-palang ini rata dengan telapak ban, maka itu berarti ban itu sudah harus diganti.

 

Keausan di bagian pinggir telapak ban: TEKANAN YANG TIDAK CUKUP

ban tampak seperti di foto ini, kemungkinan tekanan udara ban tidak mencukupi. Musuh terbesar sebuah ban adalah tekanan udara yang tidak cukup. Kondisi ini mengurangi usia telapak ban melalui keausan yang berlebihan di sudut-sudut luar atau bahu ban. Selain itu, ban-ban menjadi ekstra panas, dan ini akan mengurangi daya tahannya. Selain itu, karena tahanan bergulir semakin besar, pemakaian BBM menjadi lebih boros. Ban yang kempis membuat mobil harus bekerja lebih keras. Periksa tekanan udara dalam ban-ban Anda. Keausan yang tidak merata mungkin juga disebabkan kondisi suspensi mobil yang tidak laras atau masalah mekanis lainnya. Dealer-dealer Goodyear menyediakan jasa diagnostik dan reparasi yang profesional.

 

image

 

Keausan di bagian tengah telapak ban: BAN TERLALU KERAS

Kalau tekanan udara dalam ban terlalu tinggi, bagian tengah telapak ban menanggung hampir seluruh berat mobil dan muatannya dan menjadi aus lebih cepat daripada di bagian-bagian pinggir. Keausan yang tidak merata memperpendek usia ban. Periksalah ban-ban Anda secara teratur dan jaga agar tekanan udaranya pas. Keausan yang tidak merata juga dapat diakibatkan oleh ketidaklarasan atau masalah-masalah mekanis lainnya. Dealer Goodyear dapat menyediakan layanan diagnosa dan reparasi.

 

image

 

Gelembung-gelembung di telapak: BAN YANG SUDAH AUS

Gelembun (juga disebut cupping , dipping atau scalloping ) biasanya terjadi pada ban-ban depan, walaupun ban-ban belakang juga dapat mengalami gelembung. Penyebabnya adalah roda-roda yang tidak imbang atau suspensi maupun sistem stir yang sudah aus. Sekali lagi, dealer Goodyear bisa memberikan layanan diagnostik dan reparasi yang dikerjakan oleh ahlinya.

 

image

 

Pinggiran ban Anda aus dengan pola mirip mata gergaji. KETIDAKLARASAN

Apakah pinggiran-pinggiran ini mirip mata gergaji? Hal ini disebabkan gesekan ban yang tidak pas dengan permukaan Jalan. Solusinya adalah perimbangan keselarasan.

Kedalaman telapak ban penting bagi kinerja ban tersebut. Kalau Anda merasakan daya cengkeram berkurang di waktu hujan, mungkin ban-ban Anda tidak lagi mempunyai ketebalan telapak yang cukup di ban-ban Anda. Bila ketebalan telapak ban sudah tinggal 1/16 inci, maka ban tersebut sudah harus diganti.

 

image


Tekanan udara dalam ban

Adalah penting sekali untuk memeriksa tekanan udara ban Anda sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan dengan menggunakan alat pengukur yang akurat. Kelebihan atau kekurangan tekanan udara akan menyebabkan keausan ban yang abnormal dan sebelum waktunya, yang pada gilirannya akan menyebabkan panas yang berlebihan, pemborosan BBM atau bahkan bahaya yang diakibatkan kerusakan ban. Periksalah tekanan ban ketika masih dalam kondisi dingin dan sudah beberapa jam tidak dijalankan. Kalau Anda Jalan satu kilometer saja, tekanan udara dalam ban akan meningkat dan pengukuran tidak akurat lagi. Kalau tekanan udara terus berkurang, itu tandanya ada yang tidak beres pada ban ataupun velg. Bawalah mobil Anda ke dealer Goodyear yang profesional bila Anda mengalami situasi seperti ini.

 

Pengimbangan ban

Ban yang tidak imbang akan menyebabkan getaran atau vibrasi, yang pada gilirannya akan membuat pengemudi cepat merasa lelah di samping keausan telapak ban yang terlalu dini. Akibat lainnya adalah kerusakan suspensi mobil Anda. Ban-ban Anda harus diimbangkan pada waktu pertama kali dipasang di velg atau sesudah dipasang kembali setelah diperbaiki. Pengimbangan ban harus segera diperiksa begitu Anda mulai merasakan getaran.

 

Sumber : Klik Disini

1 comments:

Unknown said...

apakah ban dunlop cocok di pakai berpergian jauh ?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Alexa Page Rank

Site Meter

Info Komputer Pengunjung

IP
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Distributed by Blogger Templates